Senin, 24 Maret 2014

Befa Jigibalom Bantah Ada Pemalangan Kantor Bupati Lanny Jaya

Sabtu, 22 Maret 2014 11:15

Befa Jigibalom Bantah Ada Pemalangan Kantor Bupati Lanny Jaya

Taksir item ini
(0 pilihan)
Kewenangan Jalan, Bila Wabup Ada di Tiom Bukan di Jakarta atau Jayapura

JAYAPURA — Bupati Lanny Jaya  Befa Jigibalom  membantah  keras  adanya  aksi  pemalangan  Kantor Bupati di Tiom yang didalangi  Wabup Bertus Kogoya yang  memprotes  kebijakan Bupati setempat   karena tidak memberikan  kewenangan apapun kepada Wabup. “Pelayanan pemerintahan, pelayanan pembangunan dan  pembinaan birokrasi  di Tiom berjalan  normal tanpa ada gangguan,” tegas Befa Jigibalom  ketika dikonfirmasi  wartawan di Kampus STT Baptis, Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Kamis (20/3).  
Ia dimintai tanggapan  terkait aksi protes Wabup Bertus Kogoya melakukan   pemalangan Kantor Bupati Lanny Jaya di Tiom sejak Senin 17/3 pukul 06.00 WIT. Akibatnya,   pemerintahan Lanny Jaya  kini mengalami kelumpuhan. 
Sebagaimana diwartakan,  aksi protes Wabup kepada Bupati dipicu antara lain, hak-hak   tunjangan  Wabup tidak dibayarkan sesuai jabatannya, tak ada pembagian wewenang yang  jelas antara  Bupati dan Wabup hingga tiga  tahun serta pembagian proyek pembangunan  tak  pernah diberikan kepada Wabup.

Dikatakan Bupati,  jika Wabup  selalu  ada di Tiom pasti kewenangan jalan. Tak ada pembagian  kewenangan antara dirinya   dengan  Wabup Bertus Kogoya.
“Kalau Pak Wabup selama  berbulan-bulan  ada di jalan-jalan dan tinggal di  Hotel  di Jayapura maupun  di Jakarta, maka kewenangannya terbatas. 
“Kalau  Bupati  tak  ada di tempat, otomatis Wabup menjadi  Bupati  untuk mengkoordinasikan semua kegiatan pembangunan,” ujar  Bupati. 
Karena  itu, tandas Bupati, pihaknya  justru  mempertanyakan kepentingan  pembangunan mana  yang  dipersoalkan Wabup. Pasalnya,  tak ada pembagian  kewenangan antara Bupati  dan Wabup. Semua yang dilakukan Bupati bisa dilakukan  Wabup.      
“Kalau   Bupati  tak  ada di Tiom,  Wakil Bupati secara otomatis menjadi  Bupati guna mengkoordinasikan semua kegiatan pembangunan kemasyarakatan,” tukas Bupati.(mdc/don/L03)

Tidak ada komentar: